Dalam Industry video game, terdapat juga pemblokiran yang diberlakukan berbagai Negara untuk mencegah game tersebut dapat dimainkan oleh warganya, dan mencegah hal-hal yang tidak di inginkan. Kamu harus tahu kenapa diberlakukan larangan dan beberapa alasan dibalik larangan tersebut. Berikut ini daftar beberapa Negara yang melarang jenis video game yang boleh di mainkan.

Venezuela

Dilarang produksi, distribusi, menjual, meminjam dan mengenalkan video game di mana cara bermainnya adalah menembak ke seseorang. Diberlakukan di Venezuela, pada tahun 2009. Larangan itu diberlakukan karena banyak kekerasan yang terjadi di seluruh negara.

Brazil

Alasan utama mengapa game dilarang di Brasil adalah kekerasan yang berlebihan. Itulah kenapa game seperti Mortal Kombat, Doom, Carmageddon, Bully dilarang di negara ini. Counter Strike juga diblokir untuk jangka waktu tertentu, karena konten yang mengganggu tatanan social, serangan terhadap hak ber-demokrasi, negara, dan keamanan publik.

China

Menurut hukum China, ada banyak alasan kenapa game bisa dilarang di negara ini. Ada juga alasan kenapa beberapa game di rubah kontennya (misalnya. Karakter less gruesome di Diablo 3). Game yang dilarang total misalnya seperti Battlefield 4, Command & Conquer Generals, IGI -2 "Covert Strike karena menggambarkan keadaan pertahanan China dalam keadaan yang tidak menguntungkan, dan Football Manager 2005 serta Hearts of Iron, karena mereka menggambarkan Tibet sebagai negara yang merdeka. Di China terdapat peraturan yang ketat dan cukup jelas menentukan alasan mengapa game bisa dilarang, yaitu:

  • Terkait konten atau fitur perjudian.
  • Apa pun yang melanggar konstitusi.
  • Apa pun yang mengancam persatuan nasional, kedaulatan, atau integritas teritorial.
  • Apa pun yang merugikan reputasi, keamanan, atau kepentingan bangsa.
  • Apa pun yang menghasut ras kebencian etnis / atau yang merugikan tradisi etnis dan budaya.
  • Apa pun yang melanggar kebijakan China dalam bidang agama dengan mempromosikan takhayul.
  • Apa pun yang mengandung konten pencabulan, penggunaan narkoba, dan kekerasan.
  • Apa pun yang melanggar etika publik atau budaya dan tradisi.
  • Apa pun yang menghina, fitnah, atau melanggar hak orang lain.
  • Konten lain yang melanggar hukum

Jepang

Di negara ini, game jarang dilarang. Namun, kadang terjadi dan diperlukan untuk mengubah isi konten game karena berbagai alasan, misalnya. Mengganti Nama senjata “Fat Man” di game Fallout 3 ke “Nuka Launcher” (Fat Man adalah nama dari bom atom yang dijatuhkan di kota Nagasaki pada 9 Agustus 1945). Game seperti Call Of Duty : Black Ops, Bulletstorm, Gears of War 3, Dead Island, Resident Evil 4 dan Metal gear Rising: Revengeance disensor karena tingginya konten kekerasan di dalam game.

Korea Selatan

Sejak tahun 2006, Korea Selatan memberikan kebebasan penuh ber-ekspresi, termasuk dalam industri video game. Namun meskipun begitu, game seperti Mortal Kombat, Manhunt dan Manhunt 2 dilarang untuk terlalu banyak mengandung konten kekerasan, dan game Homefront diblokir secara proaktif dalam rangka untuk mencegah masalah dengan Korea Utara (dimana Korea Utara digambarkan sebagai agresor dalam game ini). Ada larangan sementara pada game: Grand Theft Auto III, Grand Theft Auto: Vice City dan Mercenaries: Playground of Destruction.

Australia

Peraturan yang ketat diberlakukan mengenai konten kekerasan, konten seksual dan obat-obatan di Australia. Ada banyak game yang diblokir atau di ubah kontennya (untuk menyesuaikan dengan hukum). Diantaranya yaitu : Risen, Saints Row IV, Postal, South Park: The Stick of Truth, The Witcher 2, Syndicate, NecroVisioN, Reservoir Dogs, Silent Hill: Homecoming, Dark Sector, Hotline Miami 2: Wrong Number, Leisure suit Larry: Magna Cum Laude, dan Manhunt.

Selandia Baru

Tidak ada satu game pun yang dilarang penjualannya di negara ini. Tetapi karena mengandung konten tertentu, beberapa game bisa dilarang untuk dibeli, dikenalkan, dan mengimpor ke New Zeland. Konten yang dilarang yaitu mengandung kekerasan ekstrem, kekejaman terhadap binatang dan konten seksual. Oleh karena itu game seperti  Manhunt, Postal 2, atau Three Sisters’ Story', dianggap ilegal di Selandia Baru.

Malaysia

Menurut hukum Malaysia, game yang mengandung fitur/kontent seperti: kekerasan, konten seksual dan konten anti-Muslim dilarang di negara ini. Salah satu judul game yang diblokir adalah Dante Inferno.

Singapura

Game jarang diblokir, di Singapura.Tapi semua game yang mengandung unsur sexual otomatis dilarang. Salah satu game yang dilarang yang paling terkenal, yaitu Mass Effect (alasannya yaitu dilarang mempromosikan hubungan homoseksual antara dua orang). Sementara game Half-Life dan The Darkness dilarang karena banyaknya kekerasan, tapi kemudian larangan dihilangkan.

Jerman

Ada hukum yang ketat di Jerman. Hukum ini juga berlaku untuk mendistribusikan game yang mengandung unsur Nazisme, serta banyaknya kekerasan. Beberapa game yang dilarang di Jerman, terutama untuk alasan ini yaitu (Manhunt, Gears of War, Wolfenstein 3D, Carmageddon), dan ada beberapa judul game yang harus direvisi dengan mengurangi kekerasan (counter-strike, Grand Theft Auto dan South Park The Stick of Truth).

Inggris Raya

Menurut peraturan yang berlaku, beberapa game dilarang di Inggris karena alasan adanya adegan realistis seks dan kekerasan. Untuk sementara waktu, game seperti Carmageddon, Manhunt 2 dan The Punisher dilarang. Tapi kemudian pembuat game memodifikasinya. Tujuannya untuk mengurangi tingkat kekerasan dan menyesuaikan game yang diproduksi sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk melegalkan penjualan.

Arab Saudi

Salah satu alasan utama mengapa game dilarang dijual di Arab Saudi adalah adanya konten seksual yang mungkin muncul didalam game. Itulah mengapa game seperti Heavy Rain, LA Noire, God of War, GTA telah dilarang. Kekerasan mungkin juga menjadi alasan untuk melarangan penjualan beberapa game, seperti di kasus Red Dead Redemption. Hal ini juga penting bahwa pemblokiran dilakukan karena adanya kekerasan yang ditujukan terhadap umat Islam atau karena game menggambarkan Arab dalam sudut pandang yang negatif, misalnya: Call of Duty 4: modern Warfare dan Assassin Creed.

Uni Emirat Arab

Sesuai peraturang yang ada di UAE, game yang dilarang karena menampilkan konten seksual (termasuk konten homoseksualitas), kekerasan, menggambarkan Muslim dalam sudut pandang yang negatif, atau bahkan konten perjudian. Beberapa contoh game terkenal yang dilarang seperti: Heavy Rain, Red Dead Redemption, Mass Effect, Dead Island, God of War, GTA, Dragon Age, Dead Rising 2, Mafia 2, The Godfather 2, Darksiders , dan call of Duty 4: modern Warfare.

Iran

Di Iran, game biasanya diblokir karena konten seperti : banyaknya kekerasan, konten seksual yang kuat, dan menunjukkan Timur Tengah dalam sudut pandang yang negatif. Misalnya, Battlefield 3 Dilarang karena menyajikan invasi fiksi Teheran, sementara Arma 3 karena menyajikan Iran sebagai musuh NATO.

Pakistan

Di Pakistan, kita bisa melihat kasus pemblokiran yang terjadi pada game terkenal seperti Call of Duty: Black Ops 2 dan Medal of Honor: Warfighter. Alasannya adalah karena mereka menggambarkan Pakistan dengan sudut pandang yang negatif.

Tentang Versi "UNCUT"

Sebagaimana ditulis dalam artikel, ada game yang disensor untuk menyesuaikan dengan peraturan yang berlaku di Negara tersebut. Perlu diingat bahwa ada juga versi yang disebut "Uncut". Ini adalah versi uncensored, sehingga kamu harus tahu bahwa versi ini sebenarnya dinyatakan ilegal di beberapa negara.